TAHAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK JENJANG SMP (12-15 TAHUN)
Hal yang khas dari perkembangan fisik siswa SMP kelas 7-9 adalah…
Dapat menggambar dengan detail
Mengetik dengan lincah ketika menggunakan gawai.
Growth-spurt.
Menyukai aktivitas olahraga lompat tali
Di bawah ini yang bukan bentuk stimulasi dan dukungan perkembangan fisik usia 12-15 tahun, yaitu…
Berdiskusi tentang pubertas tanpa menggurui dan perbanyak empati
Berkomunikasi dengan orangtua pentingnya remaja memiliki waktu tidur yang cukup
Memberikan pujian pada penampilan fisik peserta didik
Mengingatkan peserta didik untuk menggosok gigi sendiri
Apa yang khas dari perkembangan kognitif usia 12-15 tahun?
Berkomunikasi dengan orang dewasa
Percepatan pertumbuhan
Mempertanyakan aturan
Lebih sering berinteraksi dengan teman dibanding orangtuanya
Mengapa peserta didik usia 12-15 tahun nampak ragu-ragu saat tampil ke depan kelas?
Belum sepenuhnya bisa bertanggung jawab
Perkembangan otak belum sempurna dari kemampuan berpikir konkret ke abstrak
Mulai sadar capaian belajar akan mempengaruhi masa depan
Meyakini bahwa dirinya adalah pusat perhatian dan lebih peka terhadap komentar orang lain
Apa yang khas dari perkembangan bahasa usia 12-15 tahun?
Berkomunikasi seperti orang dewasa
Percepatan pertumbuhan
Dapat menggambar dengan detail
Semua benar
Peserta didik usia 12-15 tahun masih kesulitan memahami gaya bahasa ironi, sarkastik, dan metafora dalam percakapan.
Pernyataan di atas adalah…
Benar
Salah
Apa yang khas dari perkembangan sosial-emosi usia 12-15 tahun?
Berkomunikasi seperti orang dewasa
Percepatan pertumbuhan
Mempertanyakan aturan
Lebih sering berinteraksi dengan teman dibanding orangtuanya
Berikut ini ciri perkembangan sosial-emosi peserta didik SMP Kelas 7-9, kecuali…
Suasana hati tidak mudah ditebak
Tertarik pada aturan, terutama pada permainan berstruktur seperti monopoli.
Memiliki keinginan kuat untuk diterima dalam pergaulan
Tertarik dan memiliki perasaan ingin dekat dengan lawan jenis.
Berikut ciri perkembangan kognitif peserta didik kelas 5-6 SD, kecuali…
Memahami pengunaan idiom, metafor, dan ironi.
Mau mencoba dan mempelajari kegiatan baru
Proses berpikir mulai berdasarkan teori dan rasional
Belajar menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang
Di bawah ini yang merupakan ciri perkembangan bahasa peserta didik SMP kelas 7-9 adalah…
Senang bicara, berdebat, dan berdiskusi dengan siapa saja
Bila berbicara sulit dihentikan
Mulai dapat membedakan intonasi suara
Banyak menghabiskan waktu untuk mengirim pesan dan berkomunikasi lewat dunia maya dengan teman.
Kecemasan peserta didik tinggi saat menjelang kelulusan SMP. Bagaimana mendampinginya?
Menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman
Melontarkan kritik dengan cara yang cepat
Memanfaatkan berbagai media untuk berkomunikasi dengan peserta didik
Mengenal dengan siapa dan di mana peserta didik biasa bergaul
Bagaimana cara menyikapi peserta didik yang penasaran dan tertarik mencoba rokok dan eksplorasi seksualitas?
Menguatkan nilai dan norma
Memberikan ceramah dan nasihat tanpa percakapan dua arah
Menyediakan kegiatan fisik yang beragam dan menarik
Fokus pada tampilan fisik ketika memberi pujian
Posting Komentar