TAHAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK JENJANG SMP (12-15 TAHUN)

Table of Contents

 

  1. Hal yang khas dari perkembangan fisik siswa SMP kelas 7-9 adalah… 

  1. Dapat menggambar dengan detail

  2. Mengetik dengan lincah ketika menggunakan gawai. 

  3. Growth-spurt. 

  4. Menyukai aktivitas olahraga lompat tali

  1. Di bawah ini yang bukan bentuk stimulasi dan dukungan perkembangan fisik usia 12-15 tahun, yaitu…

  1. Berdiskusi tentang pubertas tanpa menggurui dan perbanyak empati

  2. Berkomunikasi dengan orangtua pentingnya remaja memiliki waktu tidur yang cukup

  3. Memberikan pujian pada penampilan fisik peserta didik

  4. Mengingatkan peserta didik untuk menggosok gigi sendiri

  1. Apa yang khas dari perkembangan kognitif usia 12-15 tahun?

  1. Berkomunikasi dengan orang dewasa

  2. Percepatan pertumbuhan

  3. Mempertanyakan aturan

  4. Lebih sering berinteraksi dengan teman dibanding orangtuanya

  1. Mengapa peserta didik usia 12-15 tahun nampak ragu-ragu saat tampil ke depan kelas?

  1. Belum sepenuhnya bisa bertanggung jawab

  2. Perkembangan otak belum sempurna dari kemampuan berpikir konkret ke abstrak

  3. Mulai sadar capaian belajar akan mempengaruhi masa depan

  4. Meyakini bahwa dirinya adalah pusat perhatian dan lebih peka terhadap komentar orang lain

  1. Apa yang khas dari perkembangan bahasa usia 12-15 tahun?

  1. Berkomunikasi seperti orang dewasa

  2. Percepatan pertumbuhan

  3. Dapat menggambar dengan detail

  4. Semua benar

  1. Peserta didik usia 12-15 tahun masih kesulitan memahami gaya bahasa ironi, sarkastik, dan metafora dalam percakapan.
    Pernyataan di atas adalah…

  1. Benar

  2. Salah



  1. Apa yang khas dari perkembangan sosial-emosi usia 12-15 tahun?

  1. Berkomunikasi seperti orang dewasa

  2. Percepatan pertumbuhan

  3. Mempertanyakan aturan

  4. Lebih sering berinteraksi dengan teman dibanding orangtuanya

  1. Berikut ini ciri perkembangan sosial-emosi peserta didik SMP Kelas 7-9, kecuali… 

  1. Suasana hati tidak mudah ditebak

  2. Tertarik pada aturan, terutama pada permainan berstruktur seperti monopoli. 

  3. Memiliki keinginan kuat untuk diterima dalam pergaulan

  4. Tertarik dan memiliki perasaan ingin dekat dengan lawan jenis.

  1. Berikut ciri perkembangan kognitif peserta didik kelas 5-6 SD, kecuali…

  1. Memahami pengunaan idiom, metafor, dan ironi. 

  2. Mau mencoba dan mempelajari kegiatan baru 

  3. Proses berpikir mulai berdasarkan teori dan rasional

  4. Belajar menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang


  1. Di bawah ini yang merupakan ciri perkembangan bahasa peserta didik SMP kelas 7-9 adalah…

  1. Senang bicara, berdebat, dan berdiskusi dengan siapa saja

  2. Bila berbicara sulit dihentikan

  3. Mulai dapat membedakan intonasi suara

  4. Banyak menghabiskan waktu untuk mengirim pesan dan berkomunikasi lewat dunia maya dengan teman.

  1. Kecemasan peserta didik tinggi saat menjelang kelulusan SMP. Bagaimana mendampinginya?

  1. Menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman

  2. Melontarkan kritik dengan cara yang cepat

  3. Memanfaatkan berbagai media untuk berkomunikasi dengan peserta didik

  4. Mengenal dengan siapa dan di mana peserta didik biasa bergaul

  1. Bagaimana cara menyikapi peserta didik yang penasaran dan tertarik mencoba rokok dan eksplorasi seksualitas?

  1. Menguatkan nilai dan norma

  2. Memberikan ceramah dan nasihat tanpa percakapan dua arah

  3. Menyediakan kegiatan fisik yang beragam dan menarik

  4. Fokus pada tampilan fisik ketika memberi pujian

Posting Komentar